Pages

Ads 468x60px

05 November 2014

Makan-Makan : Sop Senerek Bu Atmo [Magelang]

Pada cerita 04 Nov 14 : Unique Taste of Food, saya bercerita tentang pengalaman pertama saya menikmati kuliner khas kota magelang yaitu sop senerek (di cerita itu saya nyebutnya nasi senerek :D) yang memiliki cita rasa unik menurut saya karena baru kali ini saya menikmati kuliner dengan penggunaan bawang putih yang banyak sehingga bagi saya jadi terasa baru di lidah.

mungkin sudah banyak food blogger yang membahas tentang sop senerek ini, kamu bisa cari sendiri di google dengan kata kunci "Sop Senerek Magelang" dan akan muncul berbagai review. namun yang namanya makanan akan kembali ke selera masing-masing. begitupun saya yang asli jakarta dan didominasi dengan makanan yang mengandung MSG tinggi, Makanan lokal pun terasa menjadi berbeda karena mereka menggunakan bumbu-bumbu asli yang diolah dan dicampur dengan resep khas daerah masing-masing sehingga menjadi terasa berbeda bagi saya yang berlidah kosmopolitan. (cie bahasanya).

saya mencicipi Sop Senerek Bu Atmo yang berada di jalan mangkubumi (nyontek dari sini). Warungnya sangat sederhana bergaya seadanya dengan susunan meja yang dapat menampung sekitar 50 orang (jika yang duduk ukuran badannya seperti saya semua, hahaha). Sebenarnya warung bu atmo ini menawarkan menu lain juga seperti nasi pecel, nasi rames dan nasi brongkos tapi karena memang tujuan kesini adalah makan Sop Senerek jadi saya memesan Sop Senerek dengan minuman Es Beras Kencur.

Warung Sop Senerek Bu Atmo - Magelang (foto: makanlagilagimakan.wordpress.com)
Warung Sop Senerek Bu Atmo – Magelang (foto: makanlagilagimakan.wordpress.com) 
Ternyata penyajiannya cukup cepat. tak lama, Sop Senerek pun tiba di meja saya dengan persepsi saya pertama kali melihat adalah seperti makan Soto Lamongan tapi Sop Senerek disajikan di piring bukan di mangkok. Aroma yang tercium pun unik dengan didominasi oleh bau bawang putih. Saya pun segera bersiap menyantapnya.

Sop Senerek Bu Atmo (sudah sebagian saya makan :D)
Saya mulai mencicipi dari kuahnya terlebih dahulu. Slurp, saya pun langsung menahan kuahnya sesaat dimulut saya untuk merasakan sensasi rasa yang baru di mulut. memang benar-benar ngampung banget. awalnya masih terasa asing di mulut dan mencoba untuk menikmati rasa baru ini. kuahnya yang banjir pun cukup membuat porsi Sop Senerek Bu Atmo ini oversize buat saya yang berbadan kecil.

Sop Senerek berisi kuah kaldu yang berisi potongan wortel, kacang merah (ini adalah komponen penting dalam sop senerek), bayam dan potongan daging yang bisa kamu pilih mau ayam (saya pilih ini), sapi atau jeroan/babat dengan ditaburi bawang putih goreng yang semakin menguatkan rasa bawang putih yang terasa asing buat saya.

semakin dinikmati, saya semakin terbiasa dengan rasanya yang kuat oleh bawang putih ini. namun tetap saja, porsinya yang besar membuat saya tidak bisa menghabiskannya (maafin aq y, nasi). setelah itu saya pun mencoba Es Beras Kencur yang menyegarkan. saya pun penggemar jamu namun biasanya minum beras kencur dalam keadaaan hangat. ternyata pas dingin pun, rasa beras kencurnya tetap enak dan segar. selain es beras kencur, ada minuman lain seperti es tape, es jeruk dan es teh (lainkali saya mesti coba es tape, slurp).

seusai menyantap Sop Senerek dan Es Beras Kencur, perut saya cukup kenyang dan kencang. saya pun duduk sebentar sambil memperhatikan sekeliling warung yang saat siang di hari kerja didominasi oleh para pegawai yang mencari makan siang. cukup ramai tapi kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tempat duduk. masih cukup nyaman untuk menunggu sebentar hingga tersedia tempat duduk.

setelah perut sudah cukup nyaman untuk dibawa jalan, saya pun beranjak untuk membayar. Harganya cukup terjangkau. Sop Senerek dan Es Beras Kencur seharga 14 ribu rupiah saja. jadi, kalau kamu punya waktu buat datang ke magelang dan mencicipi kuliner disini. tidak ada salahnya mencoba Sop Senerek. Slurp.

Magelang, 05 November 2014
@ZuhriUtama

0 comments:

Post a Comment